Navigation

Android-Q-696x382

Tidak Ada Tombol ‘Back’ di Android Q, Lalu?

KabarSubang – KabarTekno, Perbedaan yang nyata antara sistem operasi Android dan iOS ialah bahwa Android memiliki sejumlah tombol navigasi entah itu dalam bentuk tombol fisik, soft button maupun tombol virtual, sedagkan iOS hanya memilikisatu tombol Home saja, Namun demikian, kedua platform tersebut telah sama-sama mengemas fitur gesture untuk melakukan sejumlah perintah tertentu.

Pada perhelatan Google I/O 2019 yang berlangsung sejak tanggal 7 hingga 9 Mei lalu, pihak Google berencana untuk lebih menyederhanakan penggunaan platform Android, pada Android Q mendatang, rencananya pihak Google tidak akan menyertakan  tombol ‘Back’ ata kembali, sebagai gantinya pengguna harus menggerakan jari mereka dari tepi layar. Dengan demikian, pengguna hanya memerlukan sebuah gestur untuk mengembalikan tampilan layar.

Ini jelas lebih intuitif dibandingkan dengan menekan tombol dan harus meraih bagian bawah ponsel. Selain itu, navigasi gerakan di Android tidak sepenuhnya baru. Perusahaan seperti Huawei dan Xiaomi telah mengimplementasikannya ke dalam antarmuka EMUI dan MIUI milik mereka.
Karena gesture tersebut akan hadir pada Android Q, berarti smartphone Pixel mendatang akan mengusungnya sebagai bawaan, seperti Pixel 3a dan 3a XL yang akan segera diumumkan dan Pixel 4 yang akan datang di akhir tahun ini.
Untuk saat ini, Android Q belum dirilis dan masih dalam versi beta yang berarti versi final Android Q belum tersedia untuk saat ini. Diharapkan Android Q versi final akan dirilis akhir tahun ini, tetapi sementara itu, Google juga telah mengumumkan bahwa beta untuk Android Q dapat diakses pada berbagai merek handset, dengan catatan bahwa sistem masih belum sempurna. (rsg/red)
Diposting pada kategory
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR