Navigation

Badko HMI Jawa Barat beserta seluruh elemen masyarakat, mahasiswa dan Polres Kota Cimahi menyelenggarakan Deklarasi dan FGD Menolak HOAX, Sabtu (28/10/2018) di Sample Valore Hotel - Cimahi. (foto: iing irwansyah/kabarsubang.com)
Badko HMI Jawa Barat beserta seluruh elemen masyarakat, mahasiswa dan Polres Kota Cimahi menyelenggarakan Deklarasi dan FGD Menolak HOAX, Sabtu (28/10/2018) di Sample Valore Hotel - Cimahi. (foto: iing irwansyah/kabarsubang.com)

Tangkal Hoax, Badko HMI Jawa Barat deklarasi Masyarakat Anti HOAX

KabarSubang – Cimahi. Dalam pesta demokrasi 2019, Mahasiswa adalah entitas yang ideal untuk mengambil peran filterisasi segala jenis informasi yang tersebar di masyarakat. Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jawa Barat sadar bahwa mahasiswa yang sering disebut juga Rausyan Fiqr (kelomok yang tercerahkan), agent of change, agent of social control harus menjadi motor perubahan di setiap zaman..

Bertempat di Sample Valore Hotel – Cimahi, dalam momentum dan peringatan Hari Sumpah Pemuda, Badko HMI Jawa Barat mengadakan Deklarasi ANTI HOAX dan Focus Grup Discussion (FGD), Minggu (28/10/2018) bersama Mahasiswa dan Masyarakat Kota Cimahi.

Dalam kegiatan tersebut BADKO HMI Jawa Barat menggandeng Polres Cimahi untuk sharing knowledge dan edukasi bagi Mahasiswa dan Masyarakat tentang bahaya HOAX. Acara yang ditutup dengan pernyataan sikap atau deklarasi ANTI HOAX dari gabungan Mahasiswa Cimahi, Masyarakat Cimahi, BADKO HMI JABAR dan POLRES Cimahi.

Adapun butir atau poin deklarasi tersebut adalah :

  1. Kami segenap elemen pemuda dan masyarakat Jawa Barat Menolak Hoax dan Radikalisme.
  2. Kami segenap elemen pemuda dan masyarakat Jawa Barat siap ikut serta menjaga ketertiban dan keamaan daerah maupun keamanan nasional.
  3. Kami pemuda dan masyarakat Jawa Barat siap berdaulat untuk merawat dan menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Jawa Barat Saudara Khoirul Anam Gumilar Winata mengajak seluruh Pemuda dan Masyarakat di Jawa Barat, khususnya Kota Cimahi untuk bersama melawan dan menolak segala bentuk pemberitaan informasi HOAX.

“Kita harus menjadi Masyarakat yang cerdas dalam menilai segala bentuk permberitaan yang tersebar di masyarakat. Mari bersama melawan HOAX dan saya berharap kita tidak bertindak reaksionis terhadap berita yang belum tentu kebenarannya.” ujar Anam

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara mengapresiasi kegiatan deklarasi anti HOAX yang diselenggarakan Badko HMI Jawa Barat dan memberikan tips sederhana bagaimana cara menangkal penyebaran berita HOAX.

“Dalam mengantisipasi penyebaran berita hoax, dapat dilakukan dengan cara yang sederhana salah satunya adalah tabbayun atau melakukan proses verifikasi kepada pihak – pihak yang memiliki kapasitas untuk menilai suatu informasi bersifat benar atau salah.”imbuh Kapolres (ing/red)

Diposting pada kategory ,
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR