Navigation

WA

Suka WhatsApp-an Ternyata Baik Bagi Kesehatan

KabarSubang – KabarTekno, Anda suka WhatsApp-an? Saya juga.. eh tahu enggak ternyata suka WhatsApp-an itu bagus lho untuk kesehatan.

Sebuah studi yang berjudul “Psychosocial Outcomes Associated with Engagement with Online Chat Systems” menyatakan bahwa banyak menghabiskan waktu memakai WhatsApp ternyata bisa menyehatkan secara psikologis, mampu meningkatkan rasa percaya diri dan memperkecil kemungkinan merasa kesepian.

Studi itu menjelaskan bahwa fitur WhatsApp yang memiliki fitur Group Chat memiliki dampak positif bagi kesehatan psikologis penggunanya.

Lebih lanjut dari studi itu menjelaskan bahwa semakin seringnya seseorang menghabiskan waktu WhatsApp-an setiap harinya maka rasa kesepian yang ia rasakan maka akan semakin berkurang. Selain itu, ia juga akan semakin lebih percaya diri karena merasa dekat dengan keluarga.

“Ada banyak perdebatan mengenai apakah menghabiskan waktu di media sosial buruk buat diri kita, tapi kami mendapati bahwa mungkin nyatanya tidak seburuk yang kita duga,” kata Linda Kaye, profesor di Universitas Edge Hill.

“Semakin banyak orang menghabiskan waktu di WhatsApp, mereka bisa merasa kian dekat kepada teman dan keluarga, dan mereka merasakan hubungan tersebut benar-benar berkualitas. Lebih eratnya hubungan persahabatan itu dan semakin orang merasa dekat dengan grup WhatsApp mereka, kian besar pula hal itu berdampak positif ke rasa percaya diri dan kompetensi sosial,” tuturnya.

Bagi seorang individu bergabungnya dia dengan suatu group WhatsApp tertentu juga bisa lebih merasa bahwa keberadaanya dianggap bermanfaat untuk orang lain selain ia juga tidak metasa kesepian.

Dalam merumuskan studi ini, tim riset memilih 200 pengguna WhatsApp yang terdiri dari 158 perempuan dan 42 laki-laki pada usia rata-rata 24 tahun. Ditemukan pula bahwa mereka rata-rata menggunakan WhatsApp selama 55 menit per hari.

Diposting pada kategory
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR