Navigation

5d5f3ccb8d3cb

Sejumlah Pengguna Sesalkan Nama Baru Android

KabarSubang – KabarTekno. Baru-baru ini Google telah mengganti penamaan untuk sistem operasi Android, dari yang sebelumnya menggunakan nama kue yang diurutkan berdasarkan abjad namun penamaan itu kini dihilangkan.

Sebagai gantinya, pihak Google telah menamai Android versi terbaru yang akan datang dengan nama Android 10 sesuai nomor versinya, padahal sebelumnya sempat tersiar kabar bahwa nama baru untuk platform anyar tersebut akan memiliki kode nama Android Q.

Memang ada keseruan tersendiri bagi sejumlah pengguna untuk menebak-nebak nama baru apa yang akan diterapkan Google setiap kali perusahaan mesin pencari Internet itu akan merilis Android versi mendatang, sehingga banyak pengguna yang menyesalkan saat Google mengganti nama versi Android ini menjadi nomor sama seperti OS versi lainnya.

Sejak lebih dari sedekade lalu, selain versi pertama yang dilabeli Alpha dan yang kedua Beta, secara berurutan Google menamakan Android dengan nama makanan penutup sesuai urutan alfabet. Daftarnya sebagai berikut:

Android 1.0 : Android Alpha

Android 1.1 : Android Beta

Android 1.5 -: Android Cupcake

Android 1.6 -: Android Donut

Android 2.0-2.1 : Android Eclair

Android 2.2 : Android Froyo

Android 2.3 : Android Gingerbread

Android 3.0 :Android Honeycomb

Android 4.0 : Android Ice Cream Sandwich

Android 4.1 – 4.3 : Android JellyBean

Android 4.4 : Android KitKat

Android 5 : Android Lollipop

Android 6. : Android Marshmallow

Android 7 : Android Nougat

Android 8 : Android Oreo

Android 9: Android Pie

Alhasil setiap mereka merilis Android terbaru kita dibuat penasaran. Bahkan kita sampai menebak-nebak apa nama nama makanan yang akan digunakan.

Sayangnya, keseruan menebak nama OS Android terbaru takkan berlaku lagi setelah mengubahnya jadi bilangan angka. Dengan demikian OS selanjutnya Android 11 dan seterusnya.

Holly Brockwell kolomnis dari Gizmodo mengatakan bahwa pihak Google barusaja menekan tombol membosankan dengan mengganti nama Android menjadi Android 10.

Karena seperti kita tahu bahwa penamaan Android untuk huruf Q bisa saja menamainya dengan Quince, Quorn, Quarterpounder, Quinoa, Quesadilla, atau Quiche jadi opsinya. Tapi tidak banyak orang mengetahui makanan tersebut, bahkan pelafalan untuk nama-nama makanan itu banyak yang salah karena semua makanan yang diberikan pada nama versi Android itu tidak ada di semua negara, bahkan memunculkan kerancuan seperti penggunaan nama Pie misalnya, dimana Pie di sejumlah negara telah dijadikan makanan utama dan bukan makanan penutup.

Penggunaan nama baru Android 10 ini mengikuti tren perusahaan teknologi umum lainnya, sebut saja Windows 10, iPhone X, Galaxy S10, Galaxy Note 10, Honor 10, Sony Xpersia 10, Mac OS X, BlackBerry 10, dan lainnya, yang mungkin sangat membosankan bagi sejumlah orang.

Tidak hanya nama yang diubah, kehadiran Android 10 juga telah memunculkan perubahan pada logo Android yang selama ini digambarkan sebagai robot hijau yang utuh, kini logo tersebut diubah dengan hanya menampilkan sebagian dari kepala robot tersebut ditambah penggunaan font/huruf berwarna hitam atau putih sesuai dengan warna latar yang digunakan.

Diposting pada kategory
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR