Navigation

Pemerintah Desa Majasari - Cibogo menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas dan pemberdayaan RT dan RW se wilayah desa majasari, kamis (24/09/2020)
Pemerintah Desa Majasari - Cibogo menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas dan pemberdayaan RT dan RW se wilayah desa majasari, kamis (24/09/2020)

Pemdes Majasari Cibogo Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas RT RW.

KabarSubang – Subang. Pemerintah Desa Majasari, Kecamatan Cibogo menyelenggarakan pelatihan guna peningkatan kapasitas dan pemberdayaan para Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Ketua Rukun Warga (RW) yang berada di wilayah Desa Majasari. Kamis, (24/09/2020).

Kegiatan Pelatihan yang diselenggarakan di Aula Desa Majasari tersebut diikuti oleh sebanyak 13 Ketua RT dan 4 RW. Selain itu menghadirkan pula narasumber dari berbagai pihak seperti Dispemdes, Sarjana Pendamping Desa dan serta dari Kecamatan Cibogo.

Sekretaris Desa Majasari Rizki Ardiansyah, S.Pd menyatakan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat penting untuk dilaksanakan, karena para Ketua RT dan RW merupakan perangkat pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan akar rumput masyarakat, sehingga dengan peningkatan kapasitasnya, para Ketua RT dan RW bisa menjadi jembatan yang baik diantara Pemeritah Desa dan Masyarakat.

“Kegiatan ini sangat penting untuk para ketua RT dan RW, karena merekalah yang secara langsung intensif bertemu dengan warga kita, sehingga harus senantiasa diupgrade kapasitas dan kapabilitasnya secara simultan.” ujar Rizki kepada kabarsubang.com

Kegiatan Pelatihan ini diisi oleh para Narasumber seperti Ibu Mita, S.AN dari Dinas Pemerintahan Desa, lalu ada Hj. Nining Kurnianingsih, SE selaku Kasie Pemerintahan Kecamatan Cibogo dan juga Asep Iwan, S.PdI sebagai Pendamping Desa di Kecamatan Cibogo. Adapun materi pelatihan ini antara lain mengenai Peran Fungsi RT/RW dalam Masyarakat, Pemberdayaan dan Pembangunan, serta Mengenai Tata Kelola Administrasi RT/RW.

Selain itu, masih menurut Rizki Ardiansyah, bahwa keberadaan RT dan RW dapat mendukung Visi dan Misi Pembangunan Pemerintah Daerah, juga mampu menjadi dinamisator peningkatan partisipasi masyarakat serta dapat menjadi fasilitator yang menjaga komunikasi dan harmonisasi program dari pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya.

“Pengurus RT/ RW dapat berperan aktif dalam mendukung visi dan misi pembangunan pemerintah daerah, juga mampu menjadi dinamisator peningkatan partisipasi masyarakat dalam meningkatkan pelayanan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat, berperan dalam penataan lingkungan hidup, menjadi fasilitator yang dapat menjaga komunikasi dan harmonisasi program-program dari pemerintahan kepada masyarakat ataupun sebaliknya memberikan masukan kepada pemerintah secara objektif, optimal dan berkesinambungan sesuai mekanisme yang berlaku, dan RT/ RW berperan penting dalam pengumpulan dana masyarakat baik pajak dalam hal ini Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) maupun non pajak” pungkas rizki

Diposting pada kategory
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR