Navigation

Kepala Dinas Pariwisata Ugit Sugiana ketika ditemui di ruang kerjanya, kamis (31/01/2019)
Kepala Dinas Pariwisata Ugit Sugiana ketika ditemui di ruang kerjanya, kamis (31/01/2019)

Mengukur Potensi Pariwisata Subang Yang Hasilkan PAD Besar

KabarSubang – Subang. Geliat sektor pariwisata kini menjadi prospek Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hanya saja, wacana tersebut terganjal oleh Peraturan Daerah (Perda). Potensi wisata di Kabupaten Subang dipastikan akan dapat memberikan sumbangsih besar untuk PAD. Sayangnya, belum semua potensi tersebut tergali. Selain terganjal aturan, penggenjotan potensi wisata juga terkendala infrastruktur yang belum memadai.

Ugit Sugiana Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Subang mengatakan, untuk pengembangan pariwisata, sayangnya kita belum punya perda karena kita baru mau membuat perencana induk pengembangan pariwisata yang sekarang masih kita garap. Tapi itu untuk pengembangan pariwisata ya, jelasnya kepada KabarSubang ketika ditemui diruang kerjanya Kamis, (31/01/2019)

Mengenai pemungutan retribusi ditempat wisata, Ugit mengakui “pemungutan retribusi itu ada dan bisa dibilang wajar, cuman prosedurnya berbeda, kita tidak punya hak untuk mengaturnya dikarenakan itu hak mereka yang memiliki peran sebagai warga setempat untuk mengembangkan tempat wisata tersebut. Sebab, bisa dibilang 10 persen tempat wisata di Subang bukan sepenuhnya milik Pemerintah Daerah, semuanya milik perorangan dan Perhutani,” Ungkap Ugit.

Menurutnya, untuk memaksimalkan promo wisata perlu memperhatikan dari segi bangunan dan publikasi media. Bangunan pun harus melambangkan ciri khasnya tersendiri, sedangkan media berperan untuk mempublikasikan atau sebagai sarana promosi. “Yang terpenting ialah, bagaimana caranya untuk menarik perhatian bagi pengunjung objek wisata tersebut,” pungkasnya. (Kha/Red)

Diposting pada kategory , ,
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR