Navigation

Soleh Hasanudin (Ketua DPD KNPI Kabupaten Subang)
Soleh Hasanudin (Ketua DPD KNPI Kabupaten Subang)

KNPI Subang Tegaskan Netral Dalam Pilkada

Menjelang bergulirnya Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Subang tahun 2018, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Subang menyatakan Netral dalam Pilkada Subang, hal tersebut dinyatakan oleh Ketua DPD KNPI Kabupaten Subang Soleh Hasanudin, S.PdI melalui siaran pers yang diterima redaksi kabar subang sebagai berikut:

KNPI Subang Tegaskan Netral Dalam Pilkada

Oleh:

Soleh Hasanudin, S.Pd.I

(Ketua DPD KNPI Kabupaten Subang)

Memasuki tahun politik, setiap warga negara mempunya hak yang sama untuk ikut berpartisipasi dalam mensukseskan perhelatan Pesta Demokrasi yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali, tak terkecuali Kaum Pemuda.

Adapun kewajiban sebagai kaum muda yaitu ikut menjaga kondusifitas penyelenggaraan pemilihan di setiap daerahnya masing-masing. Terlebih saat ini partisipasi pemuda dalam Pilkada Subang Serentak 2018 mencapai angka diatas 50% dari keseluruhan jumlah penduduk Kab. Subang.

Maka dengan jumlah usia produktif yang sangat besar diharapkan setiap individu bisa dengan objektif memilih calon pemimpin, khususnya di Kab. Subang.

Sekilas kondisi DPD KNPI Kabupaten Subang sebagai wadah besar para pemuda, notabene bercorak sangat heterogen, baik secara pemikiran maupun arah politik. Mekanisme yang terbangunpun tentu tidaklah sembarang karena dengan jelas roda organisasi telah diatur oleh Konstitusi AD/ART.

Dengan begitu, segenap Pengurus mempunyai tanggungjawab moral untuk selalu menjaga indenpendensi serta marwah organisasi. Menyikapi momentum politik dengan kondisi KNPI itu sendiri, maka secara organisasi DPD KNPI Kabupaten Subang menyatakan dengan Tegas Bersikap Netral dalam Pilkada Subang 2018, keputusan tersebut kami ambil dari hasil musyawarah mufakat pengurus yang diselenggarakan pada tanggal 23 Pebruari 2018, bertempat di Alun-alun Desa Sarireja Kecamatan Jalancagak, bersamaan dengan agenda kegiatan KNPI Saba Desa. Dan keputusan tersebut bersifat mengikat untuk semua pengurus DPD KNPI Kabupaten Subang.

Oleh sebab itu, ketika dilapangan kami temukan ada pengurus yang terlibat politik praktis dengan mengatasnamakan lembaga KNPI maka akan dikenakan sanksi administratif. Adapun tujuan lain yang lebih substantif adalah sebuah upaya untuk mengcounter adanya pihak-pihak lain yang tidak mempunyai kewenangan apapun menggunakan nama dan logo KNPI untuk kepentingan politik praktis dengan tujuan dukung mendukung salah satu paslon pilkada 2018.

Hal itu tentu sangat mencederai idealisme serta memecah belah kesatuan dan persatuan Pemuda. Disamping pengukuhan komitmen secara lembaga, DPD KNPI Kabupaten Subang juga sangat menghargai serta melindungi hak individu pengurus untuk ikut berpartisipasi secara personal dalam ajang Pemilu Serentak dikarenakan KNPI adalah Rumah Besar Pemuda untuk senantiasa mengasah potensi Kepemimpinan dan Politik serta belajar Kewirausahaan Pemuda dan mempererat Interaksi Sosial antar Pemuda.

Adapun komitmen selanjutnya, baik secara lembaga maupun secara individual, mempunyai tanggungjawab untuk terus berupaya melakukan pencerahan atau edukasi keseluruh komponen pemuda disetiap daerah, supaya terbentuk kesadaran bersama dalam menyikapi berbagai hal dengan bijak dan objektif.

Komitmen terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah setiap pengurus mempunyai tanggungjawab moral untuk membuka pencerahan serta mensosialisasikan tentang pentingnya partisipasi suara sekaligus mencegah terjadinya Golput, karena masa depan Bangsa berada ditangan para pemudanya.

Akhir kata, kami segenap Pengurus DPD KNPI Kabupaten Subang mengucapkan Selamat  dan Sukses atas proses terselenggaranya Pilkada Subang Serentak 2018. Semoga dari proses awal hingga akhir, Pilkada Bahagia.

Salam Pemuda!!

 

Soleh Hasanudin, S.Pd.I

Ketua DPD KNPI Kabupaten Subang Periode 2017-2020

Diposting pada kategory ,
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR