Navigation

Bawaslu
Bawaslu

Himbauan Bawaslu Subang untuk taat aturan Kampanye

KabarSubang – Subang. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Subang menghimbau kepada seluruh peserta pemilu tahun 2019 untuk menahan diri tidak melaksanakan aktifitas yang mengarah kepada kampanye, sebelum waktu yang telah ditentukan sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan.

“Kampanye pemilu yang selanjutnya disebut kampanye adalah kegiatan Peserta Pemilu atau pihak lain yang ditunjuk oleh peserta pemilu untuk meyakinkan pemilih dengan menawarkan Visi, Misi, Program, dan/atau citra diri peserta pemilu. hal yang mengarah kepada hal hal yang disebutkan tadi belum dibolehkan karena belum waktunya”. terang Cucu Kodir Jaelani Kordiv Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kab. Subang melalui rilis yang diterima Kabar Subang Sabtu, (25/08/2018)

Kampanye Pada Pemilihan Umum Tahun 2019 dilaksanakan sejak 3 (tiga) hari setelah ditetapkan Daftar Calon Tetap anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota untuk pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Pasangan Calon untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sampai dengan dimulainya Masa Tenang.

Cucu Kodir Jaelani, SP, Anggota Bawaslu Kabupaten Subang

“Berdasarkan pasal 276 Kampanye Pemilu sebagaimana dimaksud dalam pasal 275 ayat (1) huruf a, huruf b, huruf c, dan huruf d dilaksanakan sejak 3 (tiga) hari setelah ditetapkan Daftar Calon Tetap anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten /Kota untuk pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Pasangan Calon untuk Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sampai dengan dimulainya Masa Tenang”. Terang Cucu

Berdasarkan PKPU no 5 Tahun 2018 tentang Perubahan atas PKPU no 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019. Kampanye Calon Anggota DPR, DPD, DPRD serta Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden 23 September 2018 s.d 13 April 2019.

Pelaksanaan Kampanye melalui pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka, penyebaran bahan kampanye kepada umum, dan pemasangan alat peraga 23 September 2018 s.d 13 April 2019. Sedangkan untuk Kampanye melalui rapat umum dan iklan media massa cetak dan elektronik 24 maret 2019 s.d 13 April 2019.

“Kampanye Pemilu sebagaimana dimaksud dalam pasal 275 ayat (1) huruf f Iklan media massa cetak, media massa elektronik, dan internet; dan huruf g Rapat umum dilaksanakan selama 21 (dua puluh satu) hari dan berakhir sampai dengan dimulainya Masa Tenang”. Ujar Cucu

Bawaslu Kabupaten Subang sudah mengirimkan surat himbauan kepada seluruh Pimpinan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum tahun 2019 agar taat terhadap ketentuan Undang- Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dan PKPU no 23 Tahun 2018 Tentang Kampanye Pemilihan Umum.

“Kami berharap surat himbauan dari Bawaslu Kab. Subang dapat disosialisasikan oleh pimpinan parpol peserta pemilu kepada jajarannya agar dipahami dan dilaksanakan demi tegaknya demokrasi yang jujur dan adil”. Harap Cucu. (red)

 

Diposting pada kategory ,
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR