Navigation

Ilustrasi MEDIATEK-Helio-P70
Ilustrasi MEDIATEK-Helio-P70

Helio P70, Prosesor Ponsel Dengan Mesin AI Terintegrasi.

KabarTekno – Di dunia smartphone atau ponsel pintar nama Mediatek bukan lagi nama yang asing di telinga, lantaran ia menjadi salah satu produsen chipset bagi sebagian besar produk gawai yang ada di pasaran saat ini.

Baru-baru ini, sang produsen chipset yang berbasis di Taiwan itu telah memperkenalkan produk teranyar mereka yakni chipset SoC (System-on-Chip) Helio P70 yang akan menjadi otak bagi produk smartphone kelas menengah mendatang sekaligus menjadi penerus bagi Helio P60 yang sebelumnya telah dirilis ke pasaran.

Pihak Mediatek mengklaim bahwa prosesor baru ini memiliki performa 13% lebih cepat dari prosesor Helio P60, chipset SoC teranyar ini juga memiliki dukungan yang lebih baik terhadap fitur imaging dan mampu menggenjot performa gaming. Hal yang lebih menarik ialah bahwa pihak Mediatek telah membenamkan mesin Artificial Intelligent (AI) didalamnya untuk meningkatkan sejumlah fitur seperti fotografi dan enkoder video sehingga membantu meningkatkan panggilan video Skype dan Facebook bahkan pada koneksi dengan bandwidth yang lebih rendah.

MediaTek Helio P70 didasarkan pada teknologi FinFET 12nm TSMC dan memiliki sokongan arsitektur quad-core ARM Cortex-A73 2.1GHz dan quad-core ARM Cortex-A53 2.0GHz, ditambah pula dengan modul grafis Mali-G72 MP3 dengan kecepatan hingga 900MHz. Helio P70 telah mengoptimalkan latensi sentuh, kemampuan untuk bisa menampilkan visual yang lebih baik serta menghilangkan masalah pada frame rate.

Chipset SoC Helio P70 hadir dengan APU multi-inti 525MHz khusus untuk pemrosesan AI yang lebih baik, berdasarkan program NeuroPilot milik Mediatek sendiri. Hal ini membuat chipset ini 30 persen lebih efisien untuk melakukan prosesor AI dibanding dengan chipset Helio P60. Helio P70 baru ini juga mendukung penggunaan modul kamera tunggal hingga 32 megapiksel dan kamera ganda hingga 24 megapiksel + 16 megapiksel.

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari IndianExpress, chipset baru besutan Mediatek ini akan mulai tersedia di pasaran pada bulan November mendatang untuk bisa dijejalkan pada perangkat menengah yang memiliki harga jual antara $300 sampai $400 per unitnya. (rsg/red)

Sumber IndianExpress

Diposting pada kategory ,
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR