Navigation

Ponsel Murah yang diproduksi Google. Ponsel ini akan mulai dijual tahun depan di Indonesia di mini market Alfamart (Sumber Foto: WizphoneID)
Ponsel Murah yang diproduksi Google. Ponsel ini akan mulai dijual tahun depan di Indonesia di mini market Alfamart (Sumber Foto: WizphoneID)

Google Pasarkan Ponsel Murah Seharga Rp.99 Ribu di Mini Market Alfamart

KabarSubang – KabarTekno. Dalam acara tahunan yang bertajuk Google for Indonesia yang ketiga, perusahaan mesin pencari Internet yang kini sudah menggurita menjadi perusahaan multi bisnis itu telah mengumumkan ponsel murah khusus bagi masyarakat Indonesia.

Perangkat ponsel tersebut bernama Wizphone, ponsel buatan anak negeri ini berjalan dengan sistem operasi KaiOS, bukan Android tapi KaiOS yang lebih ditujukan untuk ponsel fitur ini memiliki fungsi-fungsi yang setara dengan ponsel kelas menengah. Menariknya, ponsel ini dibanderol dengan harga Rp. 99.000 saja per-unitnya.

Seperti yang kami rangkum dari Liputan6.com, ponsel Wizphone ini rencananya akan dijual di Alfamart seluruh Indonesia mulai tahun depan, sayangnya saat tulisan ini kami buat belum ada informasi detail mengenai tanggal ketersediaanya.

Kendati memiliki spesifikasi sebagai feature-phone, Wizphone memiliki fungsi yang setara dengan ponsel pintar kelas menengah lantaran dijejali dengan  layanan Google Assistant. Penggunanya hanya tinggal menekan tombol di bagian tengah maka aplikasi asisten digital akan langsung membantu untuk melakukan sejumlah fungsi yang ada seperti melakukan panggilan telepon, mengirim pesan, bahkan memutar video di YouTube.

Lebih jauh mengenai penggunaan layanan baru dari aplikasi Google Assistant khusus untuk pengguna Indonesia ialah, dapat melakukan pemesanan Go-Jek tanpa perlu lagi mengetikkan alamat, pengguna hanya cukup menyebutkan tujuan dan meminta dipesankan Go-Jek untuk mengantarkan ke tujuan.

Selain itu, Indosat Ooredo juga sudah mengintegrasikan layanan kepada Google Assistant. Di mana, pengguna dapat mengetahui jumlah tagihan pasca bayar atau kuota internet yang sudah digunakan, tanpa harus mengetik. Sehingga, pengguna dengan mudah mengatur pemakaian kuota selulernya.

Untuk akses berita yang lebih cepat, Google juga telah bekerjasama dengan Kompas TV, Radio Sonora, Mahaka Radio Integra, MNB Trijaya FM, dan Opini.id untuk mendapatkan berita terkini. Fitur ini juga tidak memerlukan pengetikan, hanya perintah lewat suara yang ada di aplikasi Google Assistant tadi.

KaiOS sendiri merupakan sistem operasi baru yang lebih ditujukan bagi ponsel-fitur tanpa layar sentuh namun memiliki sejumlah kemampuan yang setara dengan smartphone kelas menengah. Ponsel ini sekilas memiliki bentuk seperti ponsel-fitur pada umumnya dengan desain model candy-bar yang ditopang prosesor Qualcomm 8905 dan RAM 512MB serta media penyimpanan 4GB, baterainya sendiri hanya memiliki kapasitas 1.800 mAh saja namun mampu bersiaga selama 350 jam. (rsg/red)

Sumber: Liputan6.com

Diposting pada kategory
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR