Navigation

android-apps-hand-15092

Google Adiantum, Fitur Enskripsi Untuk Ponsel Android Menengah

KabarSubang – KabarTekno. Kebanyakan orang kini telah menjadikan ponsel pintar atau smartphone tidak hanya digunakan melakukan aktivitas online saja, namun banyak diantara pengguna yang menyimpan data-data sensitif didalamnya. Jika keamanan sangat erat kaitanya dengan enkripsi maka enskripsi sangat membutuhkan perangkat komputasi tambahan untuk mendukungnya.

Jika paroses enkripsi membutuhkan hardware yang mumpuni, maka tak heran jika fitur ini sebelumnya hanya hadir pada perangkat-perangkat Android canggih yang memang berharga mahal. Namun demikian saat ini pihak Google memiliki solusi sendiri terkait penggunaan enksipsi pada perangkat-perangkat yang tidak memiliki spesifikasi hardware tinggi.

Salah satu metode yang digunakan Google untuk meng-enkripsi data pada sebuah ponsel Android ialah dengan menggunakan dua basis lalu-lintas HTTPS, sehingga proses ini bisa mengamankan data di ponsel namun tidak membebani kinerja dari ponsel itu sendiri. Metode ini disebut sebagai Adiantum yang dipercaya memiliki kecepatan enkripsi lima kali lebih cepat dibanding AES pada perangkat yang memiliki chip tanpa akselerasi hardware untuk melakukan enkripsi.

Untuk saat ini, proses enkripsi dengan metode Adiantum hanya terbatas pada perangkat yang telah berjalan dengan menggunakan platform Android 9 Pie dan para produsen hardware juga harus memberikan dukungan kepada proses enkripsi full disk. Sayangnya, saat tulisan ini kami buat, penetrasi Android 9 Pie belum meluas sehingga ini menyulitkan bagi Google untuk menerapkan metode ini ke semua perangkat yang ada, terlebih bahwa Android 9 baru tersedia pada perangkat premium yang notabene tidak lagi membutuhkan metode ini untuk melakukan enkripsi.

Namun demikian, pihak Google sangat yakin bahwa metode enkripsi Adiantum ini juga akan bisa diterapkan bukan saja pada perangkat smartphone dan tablet, namun juga bisa di-implementasikan pada perangkat wearable seperti jam tangan pintar atau perangkat Internet of Things (IoT) bahkan juga smart TV yang membutuhkan proses enkripsi di dalamnya.

Informasi detail mengenai cara kerja dan metode enkripsi Adiantum tersebut dapat dilihat pada halaman resmi Google Blog berikut ini. (rsg/red)

Sumber: PCMag | Foto: Pexels

Diposting pada kategory
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR