Navigation

Ketua Panitia Festival 7 Sungai sedang diwawancarai Team KabarSubang di lokasi Festival 7 Sungai, Desa Wisata Cibuluh - Tanjungsiang, Subang. (foto: fajar rg/kabarsubang.com)
Ketua Panitia Festival 7 Sungai sedang diwawancarai Team KabarSubang di lokasi Festival 7 Sungai, Desa Wisata Cibuluh - Tanjungsiang, Subang. (foto: fajar rg/kabarsubang.com)

Festival 7 Sungai, Festival Wisata yang mengangkat nilai pelestarian alam.

Kabar subang – Subang, Sebagai salah satu cara mempromosikan desa wisata Cibuluh dan Desa-desa Wisata lainnya, Festival 7 Sungai kembali diadakan untuk yang ke 3 kalinya di tahun 2018 ini. Acara yang digelar dari tanggal 2 sampai 4 November di Desa Wisata Cibuluh – Kecamatan Tanjungsiang ini berlangsung meriah.

Ditemui di lokasi acara oleh KabarSubang, Sabtu (03/11/2018) Udan Karyawan selaku Ketua Panitia Festival 7 Sungai menyatakan bahwa penyelenggaraan Festival 7 Sungai ini merupakan yang ketiga kalinya setelah yang pertama tahun 2016 dan yang kedua di tahun 2017.

“Festival 7 sungai ini adalah yang 3 kalinya. Diselenggarakan sebagai salah satu cara mempromosikan wisata di desa baik di Cibuluh sendiri maupun di desa-desa yang lainnya di Kabupaten Subang.” ujar Udan

Selain dalam rangka mempromosikan wisata, festival 7 sungai ini dalam rangka pelestarian sungai sebagaimana fungsinya. Karena sungai adalah sumber kehidupan bagi masyarakat khusunya di pedesaan.

“Tadi dalam acara persembahan 7 sungai kita sudah peragakan bagaimana seni gerak dan seni musik dikolaborasikan sebagai gambaran bagaimana seharusnya masyarakat memperlakukan sungai.” sambung Udan

“Banyak manfaat untuk sungai diantaranya untuk menangkap ikan, mengairi sawah, dan arena bermain untuk anak-anak. Hal itu hampir punah karena sungai saat ini dijadikan tempat pembuangan sampah oleh masyarakat, sehingga sungai malah terlihat tidak indah (kotor).” lanjutnya

Dikatakan oleh Udan, Festival 7 Sungai ini akan terus diselenggarakan setiap tahun dengan target dapat menarik wisatawan dari berbagai daerah baik di Subang, Jawa Barat maupun daerah-daerah lainnya.

“Target kami kedepannya orang luar dapat mengenal desa wisata cibuluh dan tertarik untuk datang, karena (festival 7 sungai) ini sudah jadi agenda tahunan kami.” pungkasnya

Sebagaimana diketahui, Sungai Cibuluh merupakan Muara dari 7 sungai diantaranya, Sungai Cinyaro, Sungai Cikembang, Sungai Citeureup, Sungai Cilandesan, Sungai Cikaruncang, Sungai Cileat, dan Sungai Cipunagara. (m-g2/red)

Diposting pada kategory ,
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR