Navigation

dr. Dwinan Marchiawati, MARS
dr. Dwinan Marchiawati, MARS

Emansipasi Wanita Dalam Kepemimpinan.

KabarSubang – Subang. Peran wanita karir dalam kepemimpinan maupun kehidupan bermasyarakat bukan hanya sebagai proses indeks pembangunan manusia, akan tetapi itu dijadikan sebagai pondasi yang berstruktur kuat. Perubahan kian berkembang pesat setelah figur R. A Kartini memperjuangkan hak wanita dalam sebuah pergerakan emansipasi wanita, keberadaan peran wanita sebagai pemimpin kini mulai dihargai dan disetarakan.

Sekertaris Dinas Sosial Kabupaten Subang dr. Dwinan Marchiawati MARS salah satunya. Dwinan menuturkan di zaman emansipasi seperti saat ini, optimalisasi peran wanita adalah suatu perubahan besar dan kebijakan yang baru, kiprah wanita dalam persaingan di dunia karir kini berada dalam kesetaraan dan disamakan dengan kaum pria. Dan wanita saat ini mulai menunjukkan pilihan-pilihannya dalam meniti karir di berbagai bidang.

“Bahkan, ada penelitian yang menunjukkan bahwa 59% wanita mau berusaha mengembangkan pengetahuan dan keahliannya untuk mencapai tujuan berkarir, lalu sebanyak 55% data diketahui bahwa sebagian wanita cukup puas dengan tingkat karirnya.” Ujar Dwinan kepada KabarSubang.com Selasa, (27/10/2020).

Terwujudnya peran wanita dalam berkesempatan memegang amanah sebagai pemimpin membawa dampak yang mengarah lebih baik, bahwa permasalahan akan kesetaraan gender ditandai dengan tidak adanya diskriminasi antara wanita dan pria. Dengan demikian, antara pria dan wanita memiliki akses yang sama dalam mencapai sebuah peran kepemimpinan.

“Kini wanita mampu memberikan suara untuk berpartisipasi dan bersinergi dalam berbagai hal seperti pembangunan, tentu hal ini adalah sebuah kebijakan yang bisa memperoleh manfaat dari kesetaraan yang adil.” ujarnya melanjutkan

Menurut ibu 2 anak ini, kesempatan wanita untuk memiliki peran penting dalam kepemimpinan  menjadi sangat terbuka lebar diluar perannya sebagai ibu di rumah. Oleh karena itu menurut Dwinan, tidak ada salahnya apabila kesempatan pun perlu diberikan kepada mereka yang capable.

“Kini, saatnya para wanita maju untuk bisa memiliki peran penting dalam kepemimpinan, tidak salah kan kalau wanita menjadi seorang pemimpin,” ucap Dwinan sambil meluapkan candaan. (Kha/Red)

Diposting pada kategory ,
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR