Navigation

images (1)

Anak Internet Jaman Now, Mungkin Nggak Kenal Dengan Aplikasi Ini

KabarSubang – KabarTekno. Belakangan ramai diberitakan bahwa layanan aplikasi chatting BlackBerry Messenger (BBM) akan ditutup, beberapa pengguna yang sebelumnya akrab dengan aplikasi BBM mungkin merasa sedih/haru karena BBM telah memberikan pengalaman yang unik bagi masing-masing penggunanya.

Jauh sebelum kemunculan BBM, ada aplikasi chatting populer di Internet, ia bernama mIRC yang sangat populer sejak kemunculan Internet pada pertengahan tahun 1995 lalu. Walaupun mIRC tidak benar-benar dikatakan punah–karena pengguna dan aplikasinya masih ada–tapi seiring perkembangan teknologi mobile, layanan mIRC sudah semakin dilupakan.

Yang menjadikannya unik, mIRC sangat berbeda dengan aplikasi chatting yang ada sekarang ini, sebagai perbandingan, di WhatsApp Anda setidaknya sudah kenal dengan lawan bicara sebelum akhirnya melakukan chatting lebih lanjut, di mIRC anda bisa chatting dengan siapa saja dan dari mana saja secara random, sehingga boleh jadi bahwa mIRC merupakan bentuk dari media sosial yang ada pada saat itu, tentu sebelum hadirnya Facebook, Twitter dan yang lainnya.

Bila di mIRC anda belum memiliki teman, anda bisa bergabung melalui channel atau zaman sekarang bisa disamakan dengan Group. Di Channel tersebut Anda bisa berkenalan dengan para anggota yang sudah bergabung di sana. Channel ini mempunyai moderator dan juga pemilik ruang. Bahkan banyak juga orang yang chatting dengan pengguna yang berasal dari negara lain. Dari pengalaman penulis, kondisi ini bisa dijadikan sebagai sarana untuk belajar bahasa Inggris walau lewat komunikasi dalam bentuk tulisan.

Berbicara soal bahasa, di mIRC ada istilah baku yang sering digunakan, seperti misalnya ‘asl pls’ ini merupakan singkatan dari ‘age, sex, location please’, singkatan ini sering digunakan saat menyapa orang yang pertama kali kita ajak chatting dengan maksud untuk bertanya umur, kelamin dan lokasi lawan chatting kita. Misalnya, jika anda adalah seorang wanita berusia 25 tahun yang tinggal di Bandung maka pertanyaan tadi cukup di jawab dengan ’25/f/bandung’. Dimana ‘f’ adalah singkatan dari ‘female’ yang artinya perempuan, jadi jika anda seorang cowok anda bisa menulisnya dengan ‘m’ yang merupakan singkatan dari ‘male’ alias laki-laki.

Ada sejumlah singkatan lain dan bahkan emoticon yang hingga kini terkadang masih kita temukan, walau untuk emoticon sendiri saat ini sudah digantikan dengan gambar yang memiliki bentuk grafis yang lebih jelas dan berwarna. Beberapa singkatan yang sering dipakai ialah seperti CMIIW (Correct Me If Im Wrong), IMHO (In My Humble Opinion), FYI (For Your Information) dan lain sebagainya.

Seiring berjalannya waktu, sekitar awal tahun 2000-an, layanan aplikasi mIRC semakin kalah populer oleh layanan serupa yang saat itu dianggap lebih canggih, yakni Yahoo! Messenger atau sering disingkat dengan YM. Aplikasi chatting besutan Yahoo ini menawarkan fitur yang lebih menarik karena penggunanya bisa melakukan panggilan suara ataupun video seperti layanan Voice Call atau Video Call pada aplikasi WhatsApp saat ini.

Sama seperti mIRC, di YM juga terdapat channel-channel (semacam WA Group saat ini) yang bisa kita ikuti dengan topik pembhasan yang sangat beragam. Saking populernya YM pada saat itu, jumlah pengguna YM sudah mencapai lebih dari 1 milyar pengguna. Seiring dengan kehadiran smartphone, aplikasi YM menjadi layanan yang banyak digunakan dibanding SMS karena YM mampu mengirim pesan lebih cepat dari SMS. Namun seiring dengan hadirnya layanan pesan instan sejenis yang memiliki fitur lebih menarik, layanan YM pun semakin sepi pengguna dan pihak Yahoo secara resmi telah menutup layanan ini pada tanggal 17 Juli 2018 lalu. (rsg/red)

Diposting pada kategory
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR