Navigation

Aiptu Moh. Komarudin Nur beserta puluhan Golok Seni Solder Khas Subang di Pedepokan Manggal Jati Diri - Pagaden. (foto: KabarSubang)
Aiptu Moh. Komarudin Nur beserta puluhan Golok Seni Solder Khas Subang di Pedepokan Manggal Jati Diri - Pagaden. (foto: KabarSubang)

Aiptu Moh. Komarudin Nur; Penggagas Golok Ukir Seni Solder Khas Subang

KabarSubang – Subang. Berawal dari tugas nya sebagai Seorang Polisi di Polsek Binong, Aiptu Moh. Komarudin melihat potensi beberapa kelompok masyarakat yang memiliki beberapa keahlian seperti kelompok pengrajin golok di Tanjungsiang, lalu kelompok masyarakat di maranggi yang membuat sarung dan gagang golok, ada pula tukang ukirnya.

Dari berbagai potensi itu kemudian Aiptu Moh. Komarudin Nur mengkolaborasikan agar tercipta satu ikon dan produk unggulan subang yaitu Golok Subang. Ditambah sedikit otodidak dari seni solder yang ada di Pagaden, dirinya kemudian memunculkan produk unggulan Golok khas Subang.

“Jadi ikon golok subang ini adalah kolaborasi antara golok buatan tanjung siang dan seni solder dari daerah pagaden. Kita sudah ajukan ini ke Dirjen HAKI agar dipatenkan menjadi produk khas Subang.” ujarnya kepada KabarSubang

Dari perjalanan mengenalkan Golok khas Subang, ternyata banyak komunitas-komunitas betawi di Bekasi dan Jakarta yang meminati desain golok ini. Selain karena memiliki keunikan tersendiri, juga desain golok nya beda dengan golok lainnya.

“Kita buat motif batik macan, kita buat motif sisik naga, kita buat dengan motif dengan gaya kita atau dengan gaya sesuai keinginan konsumen.” lanjut Aiptu Moh. Komarudin Nur yang juga pendiri perguruan pencak silat Satria Taruna Bhayangkara.

Untuk Pelatihan pembuatan golok seni solder khas subang, dirinya pernah menggelar pelatihan bekerjasama dengan PLUT KUMKM Subang untuk peningkatan mutu dan kualitas, baik dari segi desain (sarung dan gagang) maupun bilah golok nya.

Aiptu Moh. Komarudin pun membuka kesempatan bagi yang ingin belajar seni desain solder dan belajar mengukir serta belajar membuat bilah golok secara cetak (cutter) bisa datang ke padepokan Mangga Jati Diri.

“Silahkan datang ke Padepokan Manggala Jati Diri bagi yang ingin belajar secara individu, kecuali yang ingin belajar membuat bilah secara sipuhan harus ke pandai besi. Kalau belajar seni desain solder, belajar mengukir, belajar membuat bilah secara manual bisa dilaksanakan disini.” pungkasnya (m-g3/ram-red)

Diposting pada kategory ,
Banner-Home-Top
TINGGALKAN KOMENTAR